Minggu, 30 Desember 2012

Serial 'Queen Seon Deok' Ternyata Plagiat


 


Siapa yang menyangka serial kolosal populer Korea, "Queen Seon Deok" ternyata merupakan hasil plagiat. Setelah tiga tahun dirilis dan sukses di berbagai negara, serial yang dibintangi Lee Yo Won ini baru ketahuan melakukan plagiarisme. Ternyata, alur cerita serial ini menyadur dari drama musikal"Queen of Rose of Sharon, Seon Duk". 
Aksi plagiarisme serial yang pernah diputar di Indonesia ini bahkan sudah dinyatakan terbukti bersalah di pengadilan. Pihak produksi serial ini dinyatakan bersalah karena menggunakan banyak detil yang sama dari naskah drama musikal tersebut.

"Kami menemukan bukti bahwa penggugat memang pencipta asli dari musik, buku dan kisah 'Queen Seon Deok'," bunyi pengumuman pengadilan. "Naskahnya memang tidak persis sama tapi banyak sekali kesamaan yang kami temukan secara keseluruhan ceritanya, detil-detil karakternya, bahkan di sejumlah adegannya." 
Karena plagiarisme ini, maka pihak produksi harus membayar USD 186 ribu (sekitar Rp 1,8 miliar) kepada penggugat. Tak hanya itu, pembuatan DVD, buku, serta penayangan ulang serial ini juga dilarang untuk selamanya.

Namun, denda itu nampaknya tak sebanding dengan pendapatan "Queen Seon Deok". Semenjak dirilis tiga tahun lalu, serial ini berhasil meraih keuntungan USD 50 juta (sekitar Rp 485 miliar) dan masuk dalam daftar 10 besar serial paling banyak ditonton. Serial ini juga mendapat rating yang sangat tinggi saat diputar di MBC yakni mencapai 43,6 persen.

Credit : wowkeren/IniSajaMo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar