Minggu, 09 Desember 2012

PSY Minta Maaf Karena Telah Hina Amerika di Lagu 'Dear American'


 

Melambungnya pamor PSY berkat "Gangnam Style" membuat rakyat Amerika mencoba untuk mencari tahu lebih dalam lagi tentang penyanyi berusia 34 tahun ini. Diantara pencarian informasi tersebut, mereka menemukan lagu lama PSY yang memiliki lirik penghinaan terhadap Amerika. 

Sontak lagu ini menjadi pembicaran seluruh rakyat Amerika di media online. Oleh karena itu PSY kemudian memberikan pernyataan resmi tentang masalah ini. Dia mengungkapkan permintaan maafnya. 

"Sebagai warga Korea Selatan yang pernah belajar dan tinggal di Amerika, aku mengerti pengorbanan pejuang Amerika untuk melindungi kebebasan dan demokrasi di negaraku dan di seluruh belahan dunia," ujar PSY kepada MTV, Jumat (7/12). "Lagu yang aku bawakan bersama penyanyi lain 8 tahun lalu tersebut adalah sebuah reaksi emosional atas perang di Irak dan pembunuhan terhadap dua penduduk Korea saat itu." 

PSY menambahkan bahwa dia merasa sangat bersalah dan meminta maaf untuk semua orang yang merasa sakit hati atas kata-kata kasar yang dinyanyikannya dulu. "Walau aku sangat senang terhadap kebebasan untuk mengekspresikan pendapat saat itu, aku percaya aku telah menggunakan kata-kata yang tidak sepantasnya, maka dari itu aku minta maaf," ujarnya. 

Oktober 2004, PSY menghadiri konser gabungan bersama beberapa musisi dan penyanyi ternama Korea yang lain. Saat itu dia berkolaborasi dengan grup rock NEXT dan menyanyikan lagu "Dear American". Di lirik tersebut mereka menyebut bahwa tentara Amerika seharusnya mati secara perlahan dan menyakitkan. "Aku sempat tampil di hadapan tentara Amerika baru-baru ini, termasuk di acara Jay Leno," ujar PSY. "Dan aku harap mereka dan seluruh warga Amerika menerima permintaan maafku." 


Credit :wk /IniSajaMo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar